Renungan Segala Bangsa

Renungan Segala Bangsa
Waktu Adalah Kesempatan

Labels

Blog Archive

Yesus Sumber Sukacitaku - Joe Moeller (Pitcher Dodgers)

Share it:

“Kristus memberi saya sukacita dan kedamaian sejati yang tidak pernah saya miliki sebelumnya. Tuhan juga memberi saya kekuatan untuk menghadapi kesulitan yang datang pada saya.”

Shallom,

Dia adalah pitcher termuda dalam sejarah Dodgers, yang menyebabkan beberapa momen sulit bagi seorang anak berwajah segar dengan cita-cita tinggi yang belajar mengukur kesuksesan jalan Tuhan.

“Saya tertarik pada Tuhan,” kata Joe Moeller, yang bermain untuk Dodgers antara 1962 dan 1971 dan sekarang adalah pencari bakat untuk Florida Marlins.

Dia merasakan tarikan Tuhan di hati sejak hari-hari awal. Pada usia 8 tahun, dia menyelinap keluar dari rumahnya di Manhattan Beach pada hari Minggu pagi untuk menghadiri gereja kecil di jalan. "Orang tua saya tidak tahu saya melakukan itu," katanya.

Sementara ibunya adalah seorang Ilmuan Kristen, orangtuanya yang bekerja keras tidur larut malam pada hari Minggu pagi dan menunjukkan sedikit minat di gereja. "Ayah saya tidak percaya pada apa pun," katanya.

Young Moeller berjalan sendiri ke bangku baris belakang setiap Minggu tetapi tidak dapat memahami apa yang terjadi. “Kami memiliki King James Bible di rumah tetapi saya tidak mengerti apa-apa di dalamnya.” Namun, Tuhan terus menarik hatinya.

Joe dengan Sandy Koufax, 1966
Suatu hari, seorang pendeta muda setempat, Jim White, berhenti di Moeller dengan sepeda motor. "Mau naik?" Tanyanya. Itu adalah janji ilahi di atas roda.

Moeller menerimanya dan mereka pergi. Setelah berputar sekilas, White menepi dan mengajukan pertanyaan serius kepada Joe: “Apakah Anda tahu siapa Yesus Kristus itu? Moeller tidak yakin bagaimana harus menanggapinya.

"Dia Anak Allah dan dia mati untukmu," kata White kepada bocah sembilan tahun itu. "Apakah kamu mau menerima Dia?"

"Ya, benar." Kata Joe. Sejak saat itu, perjalanan hidupnya secara fundamental berbeda, dengan konsekuensi penting untuk karier atletiknya.


Juara pemanah

Sebelum Joe mengambil sarung tangan bisbol, ayahnya mendorongnya ke dalam panahan. Pada usia enam tahun, ia memenangkan kejuaraan negara bagian di Illinois, di mana ia menghabiskan tahun-tahun pertamanya. Keluarga - mengenakan pakaian Barat - melakukan rutinitas vaudeville di rodeo dan acara olahraga, dengan Papa Joe menembaki balon William Tell-style, dan seluruh keluarga menembak busur dan panah.
Keluarga pemanah
 Joe dipaksa untuk berlatih memanah setiap sore sampai gelap di bawah pengawasan ayahnya mulai dari usia muda. "Aku benci memanah," Joe mengakui.

Suatu hari dia membangun keberanian untuk menanyakan kepada ayahnya sebuah pertanyaan yang berani. "Jika aku memenangkan kejuaraan nasional, bisakah aku berhenti menembak panahan?"

Ayah memikirkannya dan akhirnya setuju, jadi Moeller muda berlatih dengan intens setiap hari. “Ada fokus dan konsentrasi yang membantu saya di kemudian hari,” dia mencatat. Dia memenangkan gelar junior nasional di AS Nasional yang diadakan di Sacramento dan tidak pernah menyentuh busur dan panah lagi.

Tidak membiarkan Joe beristirahat pada kemenangannya, ayah ingin tahu apa tantangan putranya berikutnya. "Saya ingin bermain di liga utama suatu hari nanti," jawabnya dengan percaya diri, tidak tahu apa yang mungkin terbentang di depan.

Dengan akar Jerman, kedua orang tua itu adalah para disipliner sekolah tua. Ayahnya terdorong - dia mengharapkan upaya 100 persen untuk semuanya. “Ayah akan memberi tahu saya bahwa dia tidak pernah menginginkan saya untuk melihat ke belakang dan berharap saya bekerja sedikit lebih keras. Itu akan menghantuimu seumur hidupmu, katanya.”

"Dia tidak kasar, tapi jika aku melihatnya salah aku akan mengenakan dek."

Akhirnya, Joe menyadari bahwa ayahnya memberinya alat untuk berhasil pada tingkat yang sangat tinggi. "Itu adalah hubungan pelatih-anak," kata Joe. “Saya memberinya kredit untuk membangun kepada saya apa yang diperlukan untuk menjadi atlet profesional. Orang lain tidak mengerti apa yang diperlukan untuk mencapai level berikutnya.”

Joe juga memiliki beberapa hadiah alami. Pada usia 12 tahun, bocah setinggi enam kaki melakukan aksi lari di tahun pertama Liga Kecil. “Tuhan memberkati saya dengan lengan,” dia mengakui. Boston Red Sox memberi keluarga $ 5.000 untuk "hak pertama" untuk karir masa depannya sementara Joe masih di Liga Kecil, praktik ilegal hari ini.

Bonus

Ketika Joe lulus dari SMA Mira Costa di Manhattan Beach, lima mobil diparkir di luar rumah sederhana keluarga, dengan perwakilan dari berbagai tim yang siap untuk membuat penawaran yang luhur.

Walter O'Malley, pemilik Dodgers difitnah oleh beberapa orang karena memindahkan tim dari Brooklyn ke Los Angeles, juga mengawasi Joe, dan menelepon Papa Joe beberapa minggu sebelum kelulusan. Dia mengundang Moeller senior untuk duduk bersamanya di belakang home plate di sebuah pertandingan, dan mengambil konsesi penting. "Berjanjilah padaku, kau berbicara kepada kami yang terakhir," katanya.

Hari pengesahan
Detroit menawarkan bonus penandatanganan $ 90.000. Chicago Cubs menawarkan $ 95.000. Ini adalah angka astronomi untuk keluarga yang hidup dari gaji ke gaji. “Kami tidak benar-benar miskin, tetapi kami makan terong selama seminggu pada satu waktu,” kenang Joe.

Pada akhirnya, Dodgers memenangkan perang penawaran melalui gaya lihai O'Malley. "Walter adalah pria yang brilian," kata Joe. “Saya adalah penggemar Dodgers yang kembali ke Brooklyn,” yang menutup kesepakatan itu. Joe menerima $ 65.000; saudaranya, Gary, mendapat $ 15.000, dan Papa Joe mendapat $ 10.000, dalam kesepakatan yang terstruktur untuk menyenangkan semua orang di keluarga dan meringankan beban pajak.

"Aku tidak bisa menolaknya," kata Joe. “Itu adalah mimpiku. Dari setengah juta anak-anak yang bermain di liga kecil (Little League), hanya satu yang berhasil masuk ke liga besar (Major League).”

Di musim pertamanya, Joe bermain di kategori anak di bawah umur untuk Reno, Greenville, dan Spokane, di mana ia memenangkan 20 pertandingan dan menyerang 295 batters. Dikatakan bahwa bola melengkungnya “sama jahatnya dengan Sandy Koufax.”

Selama waktunya di Greenville, Carolina Selatan, dia jatuh cinta dengan Lee, yang baru berumur 16 tahun, dan membujuk orang tuanya bahwa mereka harus menikah. Moeller mengakui itu sebagian upaya di pihaknya untuk menyatakan kemerdekaannya dari ayahnya. "Ayah saya mengendalikan semua yang saya lakukan," katanya. "Aku ingin keluar dari kendali dan cengkeramannya."

Pitcher termuda

Kemudian pada usia 19 tahun dan dua bulan, ia menjadi pitcher termuda dalam sejarah Dodgers, sebuah rekor yang masih ia pegang. Namun ketika dia maju ke jurusan, hal yang tidak terpikirkan terjadi - pundaknya yang paling hebat menghilang.

Selama pelatihan Musim Semi, pelatih Dodger Joe Becker meyakinkan Moeller bahwa dia melempar bola lekuknya dengan tidak benar dan menyuruhnya untuk mengubah gerakannya. “Saya masih sangat muda dan ingin tahu bahwa jika dia mengatakan kepada saya untuk membuangnya di antara kaki saya, saya akan melakukannya,” kenang Joe.
Dodgers hurler
“Becker mengatakan kepada saya untuk membuang bola seperti Phil Ortega, tetapi Ortega memiliki salah satu bola kurva terburuk di sistem kami,” dia mencatat. "Itu tidak masuk akal, tapi saya berusia 18 tahun dan saya pikir jika dia mengatakan kepada saya untuk mengubahnya, saya tidak bisa menolak."

Sementara Moeller adalah salah satu pelempar melempar paling keras di Dodgers, ketidakmampuannya untuk memulihkan bola melengkung membuatnya bertahan selama sisa kariernya. "Saya tidak pernah benar-benar mendapatkannya kembali," akunya. "Mengapa saya tidak dapat menemukannya lagi, saya tidak tahu."

Moeller menghadapi tantangan lain yang berkaitan dengan tim secara sosial, karena masa mudanya dan tidak berpengalaman. Ada kebencian dari beberapa pemain karena bonus penandatanganannya. Pemain dan wartawan mulai menyebut dia sebagai "bayi bonus."

“Bonus yang saya dapatkan adalah lebih banyak uang daripada yang mereka hasilkan dalam tiga atau empat tahun,” dia mencatat. Sampai mereka bertahan untuk uang lebih pada tahun 1966, bintang seperti Koufax dan Drysdale hanya menghasilkan $ 35.000 per tahun.

Pelatih Dodger Leo Durocher, yang dikenal sebagai 'Leo the Lip,' tidak berbelas kasih kepada anak muda terbaru di tim. “Durocher benar-benar memalu saya sepanjang waktu,” kenang Moeller. Dengan wartawan berdiri di sekitar, dia akan memanggil Joe: “Hei nak, ingin pergi minum setelah pertandingan? Oh, aku lupa, kamu hanya bisa minum milk shake.”

Durocher menjadi terkenal karena mengucapkan kalimatnya, "Orang-orang baik selesai terakhir." Gambaran indah pria Moeller - penuh ketulusan dan kerendahan hati, sepertinya memohon Durocher. “Dia tidak suka fakta bahwa aku ada di sana. Ketika ada pesta tim di jalan, saya tidak pernah diundang.”

Suatu hari Tommy Davis menarik Durocher ke samping dan menyuruhnya untuk "memberhentikan anak itu." Ironisnya, itu adalah pemain hitam di tim yang berteman dengan Moeller. “Empat atau lima pemain hitam selalu mengundang saya untuk bergaul dengan mereka. Maury Wills akan selalu memainkan banjo-nya.”

"Aku tidak tahu kenapa, tapi tiba-tiba Durocher memecatku." Bertahun-tahun kemudian, dia mengetahui bahwa Davis campur tangan atas namanya dan Moeller menelepon untuk berterima kasih padanya.

Pada musim 1962, Davis mengalami tahun break-out, memukul 344, saat tim menyelesaikan jadwal reguler yang diikat untuk tempat pertama dengan San Francisco Giants. Moeller memiliki enam kemenangan dan lima kekalahan setelah melempar total 100 babak.

Pertemuan tim diadakan untuk membagi bonus akhir tahun antara para pemain. "Ketika nama saya muncul, pemain tengah (center fielder) Duke Snider berkata," Dia tidak membutuhkannya. Dia sudah mendapat bonus besar.” Moeller terpilih sebagai setengah bagian - sederhana di atas jumlah yang diberikan kepada para batboys.

"Itu adalah tahun yang panjang dan tahun yang berat," kata Moeller. "Iman saya adalah satu-satunya hal yang membuat saya terus berjalan," ia menegaskan. Moeller dan Snider terus menyimpan dendam terhadap satu sama lain setelah insiden itu. “Kami memiliki perjuangan nyata satu sama lain,” kata Moeller. "Kami hanya tidak akur." Tapi bertahun-tahun kemudian keduanya bertemu di sebuah permainan lama dan menyelesaikan perbedaan mereka.

"Saya telah menerima Kristus dalam hidup saya dan Dia benar-benar mengubah hidup saya," kata Snider kepada Moeller. "Aku ingin meminta maafmu untuk hal-hal yang aku lakukan padamu."

"Saya harus meminta maaf kepada Anda karena kemarahan yang saya pegang terhadap Anda," jawab Moeller. Setelah itu, keduanya menjadi teman dengan cara yang benar-benar baru - sebagai saudara dalam Kristus, dan akan saling menyapa dengan pelukan.

Gambar bersih dari Moeller membuatnya berbeda dalam tim. “Mereka mengira saya adalah dua sepatu yang baik karena saya tidak minum, saya tidak melakukan apa-apa, jadi itu mencelakakan mereka,” katanya. “Saya kembali ke kamar dan mencoba mencari tahu rencana apa yang Tuhan miliki untuk saya.”

Selama Seri Dunia 1963, ayah Moeller meninggal karena gagal ginjal. “Mereka baru saja memulai dialisis dan menginginkan $ 25.000 untuk pengobatan.” Ayahnya menolak dan menyerah pada hal yang tak terelakkan. Belakangan, Joe bertemu dengan Jim White, pendeta muda yang membawanya kepada Kristus. White memiliki kejutan untuknya. "Saya ingin memberi tahu kamu bahwa ayah kamu menerima Kristus," katanya.

Joe “terpesona” oleh berita yang luar biasa ini.

Benjolan di jalan

Setelah beberapa musim pertamanya, Moeller akhirnya menyerah pada tekanan teman sebaya. Dia pikir dia perlu mencoba beberapa kegiatan ekstrakurikuler dari pemain lain untuk diterima. Setiap malam ketika mereka berada di jalan, para pemain akan menemukan jalan mereka ke bar terdekat - biasanya tempat nongkrong yang dikenal yang menarik rakit wanita cantik.

Pada salah satu acara ini, dia menyaksikan sesama pitcher Don Drysdale menampar $ 20 di bar dan memberi tahu bartender, "Simpan minumannya sampai ini habis." Pada hari-hari itu, minuman hanya satu dolar.

“Mickey Mantle minum sepanjang malam dan akan pergi keluar dan memukul tiga home run keesokan harinya,” kenang Moeller. “Dia pergi keluar dan minum malam berikutnya. Orang-orang itu juga perokok berat. Itu adalah era yang berbeda."

“Ini mengejutkan saya bagaimana beberapa orang di bullpen akan tiba di stadion baseball itu. Saya akan bangun untuk sarapan dan mereka baru saja akan masuk. Saya bertanya-tanya bagaimana mereka bisa berjalan lurus. Namun ada beberapa pitcher yang luar biasa.”

Karena iman Moeller, dia menemukan saat ini dalam hidupnya tidak memuaskan. “Saya mencoba hal-hal ini tetapi itu bukan saya,” dia mengaku. “Saya tahu saya tidak menyenangkan Tuhan. Saya tidak ingin menghadapi Dia untuk hal-hal yang saya lakukan. Saya merasakan kehadiran Tuhan sepanjang waktu dan itu mengganggu saya karena saya tahu saya mengecewakan Dia.”

Iman yang diperbarui

Titik balik datang untuk Moeller pada tahun 1966 ketika ia tinggal bersama Don Sutton, seorang Kristen yang vokal. Dia memuji Sutton dan Jeff Torborg dengan membantunya menemukan fokus baru pada Tuhan.

Ketiganya memulai 'layanan bisbol' untuk Dodgers yang terus tumbuh. “Ketika kami berada di jalan kami harus berada di stadion baseball itu begitu awal pada hari Minggu sehingga Anda benar-benar tidak punya waktu untuk pergi ke gereja,” kenang Moeller. “Sutton mengenal pendeta di beberapa kota dan dia akan meminta mereka untuk keluar dan berbicara dengan kami di ruang samping di gedung klub. Segera pemain lain akan bertanya apakah dia bisa bergabung dengan kami sampai kami memiliki sebanyak 10-12 pemain setiap hari Minggu.”

Di lapangan, sulit bagi Moeller untuk masuk ke jajaran pitcher awal. “Kami memiliki Koufax, Drysdale, Sutton, dan Osteen,” kata Moeller. “Orang-orang mengatakan bahwa di klub bola lainnya saya akan mulai setiap hari keempat. Tapi kami selalu memiliki lemparan bola baseball terbaik.”

Moeller bermain dua babak di World Series 1966 melawan Baltimore. Tahun-tahun terbaiknya bersama Dodgers adalah 1964 dan 1970. Ia memenangkan tujuh pertandingan di kedua musim. Selama karirnya, ia memiliki 26 kemenangan dan 36 kekalahan, memiliki rata-rata ERA 4.01, dengan 307 strikeout.

Kemudian, luka mulai mempengaruhi lengan Moeller, yang mempengaruhi kecepatan lemparannya. "Saya tahu jika saya memiliki lengan yang sakit, orang lain akan mengambil tempat saya," katanya. “Jika saya terluka, saya tidak memberi tahu siapa pun tentang hal itu. Saya akan pergi ke dokter dan mendapat suntikan kortison. Saya akan kembali ke klub dan mereka akan memberi saya satu lagi.”Dia memperkirakan dia memiliki setidaknya 60 tembakan kortison di lengannya yang untuk melempar, yang mengubah bagian dalam lengannya menjadi “bubur.”

“Ada saat-saat saya ingin berhenti baseball; Saya ingin keluar. ”Orang-orang bertanya apakah dia berharap dia bersama dengan klub bola lain di mana dia mungkin melihat lebih banyak waktu bermain. Tapi Moeller bukan orang yang mengeluh tentang perlakuannya oleh Dodgers atau menyatakan penyesalan apa pun.

"Saya sangat bersyukur karena saya memiliki kesempatan untuk melakukan sesuatu yang akan disukai jutaan anak-anak," katanya. “Tuhan memberkati saya dengan kemampuan melempar bola seperti yang saya lakukan.”

Pada tahun 1970, seseorang menemukan beberapa film lama dari tahun pertamanya pada tahun 1961. Sebagai hasil dari menonton film-film ini, dia membuat beberapa koreksi pada pengirimannya dan mulai mendapatkan bola lengkung yang terkenal kembali lagi. Tapi sudah terlambat karena kekuatan lengannya memudar. Musim terakhirnya bersama Dodgers adalah 1971. Kemudian ia menghabiskan dua tahun terakhir di Hawaii, bermain di Pacific Coast League.

Mengukur kesuksesan

Pada akhirnya, janji cerah musim pertamanya tidak pernah sepenuhnya terwujud, sebagian karena kehilangan bola lekuknya. Dua pernikahan yang gagal juga meninggalkan jejak mereka. Tapi Moeller melihat karier dan hidupnya dari perspektif yang berbeda hari ini. Dia mulai mengukur keberhasilan dan kegagalan dari perspektif yang berbeda - perspektif Tuhan.

“Keberhasilan dalam hidup tidak ditentukan oleh kinerja, pendapatan, atau ketenaran. Hal-hal itu tidak akan membawa kita ke surga. Tidak butuh waktu lama untuk menyadari bahwa tidak ada kekayaan, ketenaran, atau kesenangan pribadi yang dapat mengisi kekosongan dalam hidup saya karena tidak peduli berapa banyak saya tidak akan cukup,”katanya.

Moeller menemukan ukuran kebahagiaan sementara di lapangan bisbol, tetapi bukan kepuasan abadi dan perdamaian. “Saya menyadari kunci menuju sukacita sejati dalam hidup adalah hubungan pribadi dengan Yesus Kristus. Tuhan adalah jawabannya dan Dia mengisi kekosongan dalam hidupku.”

Pada hari-hari sebelumnya, Moeller mengatakan dia ingin “menjadi arsitek, menyusun rencana, dan kemudian mendapatkan stempel persetujuan Tuhan atas apa yang saya lakukan.” Setelah dia pensiun dari bermain, dia memiliki lebih banyak waktu untuk mendekat kepada Tuhan. Dia bertemu dengan seorang wanita bernama Trudy, dan kali ini Joe melakukan hal-hal yang lebih lambat. Mereka harus saling mengenal selama lima tahun dan menjadi teman baik. "Dia adalah orang yang solid, dengan kualitas karakter yang hebat," katanya.

Trudy dan Joe memiliki pernikahan yang bahagia dan dipenuhi hari ini berpusat pada persahabatan mereka satu sama lain dan hubungan mereka dengan Tuhan. Keterlibatan Joe dengan 'Fellowship of Christian Athletes' juga menjadi sumber kegembiraan baginya. Dia melayani pada organisasi keagamaan mereka di LA selama 10 tahun bersama John Wooden dan Don Moomaw.

“Dengan membangun hubungan pribadi dari hari ke hari dengan Yesus, saya menerima jauh lebih banyak dari kehidupan kekal,” katanya. “Kristus memberi saya sukacita dan kedamaian sejati yang tidak pernah saya miliki sebelumnya. Tuhan juga memberi saya kekuatan untuk menghadapi kesulitan yang datang pada saya.”

Moeller mengatakan hari terbesar dalam hidupnya adalah ketika dia menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamatnya. Hari terbesar kedua terjadi di kamar rumah sakit di akhir kehidupan ibunya.

Ketika dia pergi mengunjunginya, dia tahu waktunya singkat. Saat dia duduk di samping tempat tidurnya dan memegang tangannya di tangannya, dia berkata, “Bu, saya ingin berbicara dengan Anda tentang Yesus Kristus.”
Joe dengan istri Trudy
Dia mengalihkan pandangannya. Sepertinya ada tembok pemisah di antara mereka. "Apakah kamu tidak ingin bersama ayah?" Dia bertanya. “Apakah kamu ingat Jim White? Ayah menerima Yesus Kristus ketika dia bertemu dengan Jim.”

Ya, dia memang ingin pergi ke surga. Ya, dia memang ingin bertemu suaminya lagi. Pada saat itu, dia berdoa untuk menerima Kristus bersama putranya.

"Aku keluar dari kamar dan dia meninggal satu jam kemudian," kata Joe. “Sungguh luar biasa bagaimana Tuhan menggunakan saya.”

Oleh Mark Ellis -
godreports
  • Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang. - (2 Korintus 5:17).
Salam kasih dan persahabatan. Tetap semangat dan mengasihi sesama manusia apapun keyakinannya. Tuhan Yesus memberkati. Amin.


Share it:

Tobat

Post A Comment:

0 comments: